Cek Kesehatan Di BKPSDM Toba

by NOVERDY MANGARA PANJAITAN, SE on Jun 4, 2024 in News
Last updated on Jun 4, 2024 by 198711272010011006

Kesehatan merupakan salah satu aset penting bagi kehidupan kita, karena hanya dengan memiliki tubuh yang sehat, seseorang bisa produktif dalam melakukan aktivitas serta terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam. Sehingga dengan demikian, maka menjaga kesehatan merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap individu. Penyakit Tidak Menular (PTM) menjadi masalah kesehatan masyarakat yang menimbukan kesakitan, kecacatan dan kematian yang tinggi, serta menimbulkan beban pembiayaan kesehatan. ASN dapat melakukan pola CERDIK merupakan :

  • Cek Kesehatan Secara Berkala : Banyak masyarakat Indonesia yang masih mengabaikan cek kesehatan secara berkala. Padahal langkah ini bisa membantu masyarakat mendeteksi penyakit-penyakit dalam sejak dini. Mulailah memonitor tekanan darah, menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, mengukur lingkar perut, dan perhatikan denyut nadi Anda. Jangan lupa pula mengecek kadar kolesterol dan gula darah secara teratur.
  • Enyahkan Asap Rokok : Tentu Anda sudah tahu kalau merokok bisa berdampak buruk bagi kesehatan bukan hanya bagi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar Anda. Dampak rokok juga bukan hanya pada sektor kesehatan, tapi juga keuangan. Tak ada salahnya bila mulai saat ini Anda berhenti merokok demi kehidupan yang lebih baik.
  • Rajin Aktivitas Fisik/Olahraga : Guna menjaga kesehatan dan mencegah penyakit kardiovaskuler, berolahragalah secara rutin setidaknya minimal selama 30 menit per hari sebanyak 3-5 kali per minggu.
  • Diet Sehat dan Seimbang : Mengurangi komsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi.
  • Istirahat Cukup : Bagi orang dewasa, istirahatlah yang cukup dengan tidur selama 7-8 jam sehari.
  • Kelola Stres : Terakhir, kurangi potensi penyakit kardiovaskuler dengan mengelola stres. Sering-seringlah rekreasi, relaksasi, berpikiran positif dan bercengkrama dengan orang lain. Terapkan pola hidup teratur dan rencanakan masa depan Anda sebaik-baiknya.

Dinas Kesehatan melayani pegawai BKPSDM dengan melaksanakan cek kesehatan terhadap seluruh pegawai . Pengecekan kesehatan sangat penting agar setiap pegawai dalam kondisi bugar, sehingga benar benar siap menjalankan tugas dan fungsinya serta menberikan penyuluhan mengenai pola CERDIK.


Attachments